Pages

Kasiat Rutin Meminum Madu

Sunday, December 13, 2015

Madu diketahui dapat menghambat pertumbuhan pelbagai jenis bakteri seperti Bacillus cereus, Staphylococcus aureus, Salmonella Dublin, dan Shigella dysenteriae. Madu juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri anaerob.

Manfaat madu di bidang medis telah diketahui sejak lama. Terdapat ketertarikan tersendiri terhadap pengobatan madu sebagaimana yang telah dibuktikan oleh sejumlah laporan yang ditunjukkan oleh pelbagai literatur. Berikut ini adalah beberapa manfaat madu dibidang kesehatan yang dirangkum dari beberapa penelitian yang telah diterbitkan dalam sejumlah jurnal ilmiah.


Manfaat Madu Sebagai Anti Mikroba

Pelbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat efek anti-mikroba yang dimiliki oleh madu terhadap pelbagai jenis bakteri. Madu diketahui sangat efektif dalam menyembuhkan luka setelah operasi yang terinfeksi. Setidaknya terdapat 80 spesies bakteri yang dapat dihambat pertumbuhannya oleh madu.

Pada saat ini, madu diproduksi dari pelbagai jenis tanaman dan kemampuan anti mikroba yang dimilikinya bervariasi sesuai dengan asal tanaman dan proses pembuatannya.

Manfaat Madu Dalam Pengobatan Luka

Berdasar penelitian Subrahnanyam (1991), pasien yang diterapi dengan madu, pertumbuhan jaringan baru mulai tampak rata-rata pada hari ke-7. Luka bakar juga sembuh lebih cepat. Kemampuan madu dalam menyembuhkan luka sangat terkait dengan efeknya sebagai anti bakteri. Madu juga terbukti merangsang terbentuknya antibodi dalam tubuh dan efektif mencegah terjadinya infeksi.

Manfaat Madu Untuk Penyembuhan Ulkus Lambung

Madu sangat baik untuk melindungi ulkus lambung yang mengalami luka. Madu memiliki kemampuan untuk menyerap cairan dan mendorong terbentuknya jaringan baru, serta mengandung enzim katalase.

Sumber:
Kemana Seharusnya Anda Berobat: Antara Pengobatan Medis, Alternatif, dan Thibb Nabawi karya dr. M. Saifuddin Hakim, WIP: Solo


Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tapis Jakarta.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License