Pages

Ternyata Ini Makna Dari Siger Lampung

Thursday, November 19, 2015

Siger adalah mahkota pengantin wanita Lampung yang berbentuk segitiga, berwarna emas dan biasanya memiliki cabang atau lekuk berjumlah sembilan atau tujuh. Siger adalah benda yang sangat umum di Lampung dan merupakan simbol khas daerah ini. Siger dibuat dari lempengan tembaga, kuningan, atau logam lain yang dicat dengan warna emas. Siger biasanya digunakan oleh pengantin perempuan suku Lampung pada acara pernikahan ataupun acara adat budaya lainnya.Pada zaman dahulu, siger dibuat dari emas asli dan dipakai oleh wanita Lampung tidak hanya sebagai mahkota pengantin, melainkan sebagai benda perhiasan yang dipakai sehari-hari.

Siger lampung di gambarkan sebagai sebuah mahkota yang memiliki 7 puncak dipuncak tertinggi bercabang tiga. Sehingga secara keseluruhan bisa dikatakan siger lampung memiliki 9 puncak. Namun ada juga yang menggunakan siger berpuncak 7, semuanya tergantung pada kesederhanaan yang dinginkan. Siger berpuncak 9 terlihat lebih mewah dan memiliki kharisma keagungang yang tampak nyata. Ini terlihat  dari aksesoris yang ada di kelima puncaknya dimana pada puncak tertinggi terdapat rangkaian hiasan yang disebut dengan istilah serenja bulan. Sedangkan pada siger yang memiliki puncak 7, penampilannya lebih sederhana tanpa hiasan.

Bentuk siger menurut beberapa penuturan adalah perwujudan seekor burung yang sedang mengepakkan sayapnya atau disebut kenui kambor yang bermakna keluasan dan ketinggian adat. Demikian menunjukkan bahwa adat Lampung sangat memuliakan posisi wanita.

Sumber:
Pic: https://hanyasenja.files.wordpress.com
http://lampungsaibumi.blogspot.co.id/
http://www.kamusq.com
//id.wikipedia.org

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tapis Jakarta.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License