Pages

Sudahkah Anda Tahu Batik Lampung?

Thursday, November 19, 2015

Jika kalian berpikir wisata batik hanya dapat ditemui di Yogyakarta, Pekalongan atau Solo, jelas salah besar. Pasalnya, tak perlu jauh-jauh menyeberang ke Pulau Jawa untuk bisa menikmati keindahan serta keunikan wisata batik. Cukup di Provinsi Lampung, khususnya di Kota Bandar Lampung bisa menemui wisata batik ini.
Batik tulis Lampung adalah batik tulis yang mengandalkan motif dan ornamen khas Lampung sebagai penghias. Siger, gajah, dan aneka sulur-suluran adalah tiga motif yang biasa menghias batik Lampung. Ketiga motif tersebut merupakan simbol yang sarat akan nilai adat dan budaya masyarakat Lampung.
Beragam batik yang ada di Nusantara mempunyai ciri khas sendiri setiap daerahnya. Salah satu batik yang mempunyai motif khas dan tak banyak yang tau adalah batik Lampung. Batik Lampung mulai berkembang mulai tahuun 1970’an yang dipelopori oleh Andrean Sangaji (budayawan lampung).
Apabila dibandingkan dengan batik dari wilayah lain, batik Lampung memang memiliki keunikan tersendiri yang sangat berbeda. Pasalnya batik Lampung masih dipengaruhi oleh kebudayaan India, sehingga motif Budha sangat menonjol. Ada dua motif batik yang paling  terkenal di mata dunia yang telah menjadi trade mark Lampung, yaitu motif perahu dan pohon hayat (pohon kehidupan). Adanya koleksi kain tradisional Lampung dengan dua motif tersebut terbukti di beberapa museum di Australia, Hawai dan Amerika telah membuktikan bagaimana batik Lampung dikenal dunia Internasional.
Sedangkan untuk di Indonesia sendiri batik Lampung belum terlalu terkenal di Indonesia sendiri sangat miris bukan?  Batik lampung lebih dikenal di Mancanegara dibandingkan dengan negara kita sendiri. Sebagai warna negara yang mencintai produk dalam negeri, sebaiknya kita membudayakan yang namanya batik Lampung agar bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia sendiri.
Sumber:
http://lampung.tribunnews.com/

http://modelbajubatik.info/

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tapis Jakarta.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License