Pages

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bendungan Batutegi

Friday, November 20, 2015


Sesuai namanya, Bendungan Batutegi terletak di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bendungan ini terletak diantara dua lekukan bukit yang tinggi dan air pada bendungan tersebut menenggelamkan bukit-bukit  kecil disekitarnya. Pembangunan dilaksanakan 1995 silam dan akhirnya selesai pada Tahun 2004 dan diresmikan oleh ibu Megawati,  Presiden saat itu. Menurut pak petugasnya Bendungan dengan luas sekitar 3.560 hektar ini mempunyai kapasitas penampungan yang mampu menahan debit air sebanyak 9 juta meter kubik, dan PLTA yang berada di bendungan ini mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas total mencapai 125,2 giga watt per tahun.

Menuju ke bendungan Batutegi dari Bandar Lampung cukup mudah, cukup menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam. Untuk menuju kesini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, aksesnya agak sulit jika menggunakan angkutan umum. Dari Bandar Lampung ambil jalan menuju Talang Padang Kabupaten Tanggamus melewati pertigaan terminal Kemiling, setelah melewati pertigaan Terminal tersebut kita tinggal mengikuti jalan besar itu saja atau mengikuti petunjuk jalan ke arah Kota Agung. Dalam perjalanan kita akan melewati Kabupaten Pesawaran, Gapura Bambu Kuning Kabupaten Pringsewu, kota Pringsewu lalu akan sampai sekitar 30 menit melewati kota Pringsewu aka nada petunjuk jalan menuju Bendungan Batutegi, ikuti petunjuk-petunjuk yang ada nanti akan membawa kita sampai ke Bendungan Batutegi.

Bendungan Batutegi  dibangun pada sungai sekampung Kurang lebih 65 Km sebelah hulu bendung Argoguruh atau kisaran 90 Km sebelah Barat Daya Kota Bandar Lampung.

Sumber Dana buat pelaksanaan pembangunan waduk atau Bendungan Batutegi berasal dari dana APBN & LOAN OECF. Pelaksanaan proyek terdiri dari: Study Kelayakan pada tahun 1978,Detail Desain diselesaikan pada tahun 1983. Pekerjaan Riview design & supervisi Pelaksanaan dimulai bulan pebruari 1994 & pelaksanaan pekerjaan terowongan dimulai Tahun 1995. Pelaksanaan pekerjaan Bendungan dimulai pada tahun 1996 & selesai tahun 2000.

Selain berfungsi untuk pembangkit listrik, bendungan tersebut juga menjadi penyedia bahan baku air minum buat Kota Bandar Lampung, Metro, & daerah Beranti di Kabupaten Lampung Selatan. Yang menariknya lagi, di Bendungan Batutegi berdiri Monumen 13. Monumen tersebut dibuat agar mengenang 13 korban jiwa saat pembangunan bendungan tersebut. Di monumen tersebut, juga dicantumkan 13 nama korban jiwa tersebut.

Tujuan Dan Manfaat Bendungan Batutegi :

1. Peningkatan areal persawahan.
2. PLTA.
3. Penyediaan air baku untuk air minum.
4. Pengendalian Banjir, Parawisata, Perikanan dan lain-lain

DATA BENDUNGAN

- Tipe Bendungan : Timbunan Batu Dgn Inti Tanah Kedap Air.
- Panjang Puncak Bendungan : 690.00 m
- Elevasi Puncak Bendungan : + 283.00 m
- Lebar Puncak Bendungan : 12.00 m
- Tinggi Max. diatas dasar sungai : 120.00 m
- Volume timbunan : 9 x 106 m3
- Tipe Bangunan Pelimpah : Pelimpah Bebas ( Tanpa Pintu ) dengan Terowongan
- Tipe Terowongan Pengelak : Penampang Lingkaran Berlapis beton bertulang
- Tipe Intake : Pengambilan Miring
- Jenis Katup irigasi : Kerucut Tetap (fixed cone)

Sumber:
Pic: www.iftfishing.com
http://www.surgakita.com/
http://www.catatannobi.com/


Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tapis Jakarta.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License