Pages

Koleksi Kain Tapis Kuno Tertua

Friday, November 27, 2015


 Kain Tapis Lampung
Salah satu koleksi tapis kuno tertua adalah tapis milik Ibu Negara, Hj. Ani Yudhoyono yang telah berusia 200 tahun yang dipamerkan dalam Adi Wastra Nusantara 2010 di Jakarta.

Kain tapis tersebut berwarna hitam, merah, coklat dan biru tua yang memiliki aneka ragam hiasan cucuk andak serat kayu itu adalah salah satu dari enam koleksi milik Ibu Negara.

Dasar tapis tersebut berbahan tenun yang dibordir dengan benang emas bermotif sasab, bergambar manusia menaiki carabao (kerbau) yang dihiasi berbagai payet, serta bermotif tunas bambu, bunga dan pohon hayat yang dibuat dari serat kayu dan dibordir dengan benang sutra.
Motif manusia menunggang kerbau dan tunas bambu bermakna kemakmuran dan kedudukan manusia yang lebih mulia dari hewan. Kain tapis Muara Dua dengan ragam hias cucuk andak serta kayu biasanya hanya boleh dipakai oleh anak atau istri dari pemimpin adat. (baca juga: grosir tapis Lampung)

Selain kain tapis tersebut, Ibu Ani yang selalu meminta rakyat Indonesia untuk bangga menggunakan kain adat atau tradisional Indonesia juga meminjamkan sejumlah kain batik yang menjadi koleksinya.

Salah satu yang cukup istimewa adalah kain panjang batik dengan ragam hias kawung Dwi Warna yang berusia 50 tahun. Kain berwarna dasar coklat muda itu dikenakan pada akad nikah Ibu Negara 34 tahun lalu, tepatnya 30 Juli 1976.

Kain tersebut merupakan pemberian ibunda Ibu Ani, khusus untuk acara istimewa tersebut. Secara perlambang motif kawung memberikan kewibawaan pada pemakainya.

Sumber:
Pic: pariwisatalampung.com
budaya-lampung.blogspot.com

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tapis Jakarta.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License